Posted by: nia | March 8, 2014

Buah Tiwadak

Lebih dari 2 tahun yang lalu, saya pernah memposting tentang buah ini, kala itu saya memang hanya bisa menjumpai buah ini ketika musimnya saja. Tetapi, awal tahun 2013 sampai berganti tahun 2014 ini, alhamdulillah … saya sepanjang tahun bisa menikmatinya, karena pohonnya berbuah terus tak henti-hentinya. Meskipun tak begitu lebat, namun selalu saja buahnya ada yang jatuh karena matang di pohon.

Sebelumnya, buah tiwadak ini isi di dalamnya hanya sedikit … paling 5 atau 7 biji, bahkan kadang separo sudah busuk dan ada ulatnya. Tapi kalau sedang mendapati buah yang kebetulan bagus, maka kulitnya yang tebal sangat enak dibikin jadi mandai. Waktu itu saya beranggapan, ini buah tiwadak memang bagusnya diambil kulit untuk diolah jadi mandai saja🙂.

Saya jadi teringat sebuah cerita, bahwa manusia bisa berkomunikasi dengan makhluk hidup di sekitarnya, termasuk tumbuhan dan hewan sekalipun. Komunikasi yang terjalin dengan baik akan menghasilkan hubungan yang baik, itulah yang saya pahami. Setiap kali buah tiwadak ini jatuh karena sudah matang, saya berbicara dengan pohonnya, saya berterimakasih karena ia telah berbuah, walau buahnya itu hanya bisa saya ambil kulitnya karena isinya kadang sedikit sekali.

Dan Alhamdulillah, akhirnya saya menjumpai buah ini matang dan terjatuh dari pohon dengan keadaan yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Isi buah di dalamnya banyak dan besar-besar, rasanya sangat manis. dan kulitnya bagus meski agak tipis.

pohon tiwadakpohon tiwadak

buah tiwadak

IMG_4032buah tiwadak masih mentah

IMG_4040tiwadak matang bersama rabutan dan sarikaya

IMG_4050tiwadak yang sudah dikupas

IMG_4049adonan tepung untuk bikin tiwadak goreng &  mandai tiwadak

IMG_4064taraaaaa .. ini gogodoh tiwadak🙂

Ternyata, buah tiwadak ini selain bisa dibikin cemilan ( tiwadak goreng), mandainya bisa dijadikan lauk teman nasi.😀 selamat menikmati


Leave a Reply

Categories

