Posted by: nia | June 10, 2013

Benalu Sawo

Mendengar nama “benalu“, seketika kita akan langsung ingat dengan sejenis tumbuhan yang hidupnya numpang di dahan/ batang tumbuhan lain. Tumbuhan benalu ini termasuk tumbuhan parasit.

Ada banyak macam benalu, dan biasanya akan lebih gampang jika dinamakan sesuai dengan nama tanaman/pohon tempat ia menumpang hidup, seperti benalu jambu biji merah ; artinya benalu yang tumbuh di pohon jambu biji merah. Yang sering kita dengar selain itu adalah benalu teh, benalu langsat, dll.

Pada dasarnya benalu ini selain merugikan karena bersifat sebagai parasit, ternyata benalu juga memiliki khasiat untuk dijadikan obat. Terutama obat kanker. Untuk menjadikan sebagai obat kanker, yang diambil adalah bagian akar. Kemudian akar tersebut direbus dengan air secukupnya sampai mendidih, setelah dingin bisa langsung diminum. Air rebusan akar benalu ini biasanya berwarna kemerahan, mirip seperti air teh. Soal rasa, hemm … sangat sepet lhoo!

Beberapa tahun yang lalu, saya pernah mengamalkan secara rutin meminum air rebusan akar benalu jambu biji merah. Dan alhamdulillah saya merasakan khasiatnya. Sekedar untuk diketahui, jangankan akar benalu jambu. Pucuk daun jambu biji itu sendiri rasanya sangat sepet, apalagi akar benalu yang hidup dengan cara mengisap sari makanan pohon inangnya.

Dari perbincangan dengan rekan kerja di kantor tadi pagi, sekarang saya menjadi penasaran dengan yang namanya benalu sawo. Katanya benalu sawo juga bisa dijadikan sebagai obat kanker. Saya belum pernah melihat secara langsung benalu yang tumbuh di pohon sawo. Tapi saya mencoba untuk membayangkan rasanya, pasti lebih sepet dari benalu jambu biji .. he he🙂

ini benalu mangga, bunganya berwarna kekuningan. biasanya ada juga yang berwarna agak pink :)

ini benalu mangga, bunganya berwarna kekuningan. biasanya ada juga yang berwarna agak pink🙂


Responses

  1. Penyebaran tumbuhan ini terjadi dibantu oleh burung , apabila burung memakan buah dan bijinya lalu mengekskresikan pada dahan pohon, bijinya yang lengket akan menempel pada dahan pohon selanjutnya akan ber kecambah dan benalu muda mulai tumbuh.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: