Posted by: nia | January 19, 2012

Mengingat kembali Hari Lahirnya KKB ( 20 Januari 2008 – 20 Januari 2012 )

“Selamat ulang tahun KKB, semoga pada usia yang ke-4 ini jerih payah dan usaha untuk menginformasikan perkembangan kalsel di bidang pendidikan, teknologi dan informasi lewat dunia blog menjadi lebih nyata. Semoga blogger lain di luar sana menjadi tahu bahwa ternyata Kalsel ini begini lho ketika membuka situs resminya, membaca berbagai informasi yang terus update dan lain sebagainya. Dan tentu diharapkan dapat menjadi obat penawar rasa kangen mana kala ada blogger kalsel yang sedang berada di perantauan.”

 

Kayuhbaimbai.org adalah sebuah komunitas blogger yang didirikan oleh beberapa blogger kalsel yang kebetulan berdomisili di Banjarbaru. Dengan tujuan mulia sebagai wadah bersatunya blogger Kalimantan Selatan. Saat itu terpilih Harie Insani Putra sebagai ketua seumur hidup. Tanggal 20 Januari 2008 itulah ditetapkan sebagai tanggal berdirinya KKB. Diantara para pendiri KKB yang saya kenal dari awal bergabung sampai saat ini adalah : Harie Insani Putra, Sandy Firly, Amed, Saprie.

Seingat saya, kopdar yang diadakan oleh KKB itu adalah 3 bulan sekali. Salah satu syarat untuk menjadi anggota saat itu harus ikut kopdar minimal sekali seumur hidup ( sebuah syarat yang sulit karena untuk saya pribadi rasanya sangat susah mencari waktu luang ketika kopdar itu berlangsung ). Namun pada akhirnya saya bisa bergabung di acara kopdar ke-3 KKB lapangan Murjani Banjarbaru tanggal 19 Juli 2008. Bergabungnya saya di komunitas ini atas informasi dari seorang rekan kerja yang mengatakan bahwa ada komunitas blogger Kalsel bernama Kayuh Baimbai. Saya pun dengan gigih berjuang mencari info-info komunitas ini, hingga akhirnya saya resmi menjadi anggota dengan menghadiri kopdar.

Setelah menjadi anggota KKB, saya merasa komunitas ini  mempunyai keunikan karena para anggotanya memiliki latar belakang profesi yang berbeda-beda, juga usia serta gender yang berbeda  namun bisa menyatu dalam satu wadah komunitas. Apalagi ada event-event yang dibuat untuk mempererat tali silaturahim antar sesama anggota, diantaranya : Kemping blogger   ( sayang sekali tidak bisa ikut karena minimnya anggota cewek ), On air di 2 radio Banjarmasin dan Banjarbaru. Road Show ke Tanuhi ( Kandangan ). Ketiga event ini terjadi di bulan Oktober, Nopember dan Desember 2008.

Ulang tahun KKB pada tanggal 20 Januari 2009 dilaksanakan di plasa Telkom Banjarmasin, acaranya berlangsung meriah karena langsung diumumkan juara lomba posting intern anggota komunitas tentang setahun KKB. Kebetulan saat itu saya menjadi salah satu peserta sekaligus juara 1  yang mendapatkan hadiah berupa handset CDMA dan hosting & domain gratis, he he …

Tanggal 22 Maret 2009, bertempat di asrama haji Landasan Ulin Banjarbaru. Aruh Blogger 2009 dilaksanakan oleh komunitas Kayuh Baimbai. Tujuan dari aruh blogger ini adalah sebagai perekat antar blogger di Kalsel khususnya. Dengan tagline “Matan Kita Hagan Banua”.

Oktober 2009, pada pesta blogger 2009 di Jakarta, ada 3 orang blogger Kalsel Kayuh Baimbai yang dijuluki blogger gila oleh para blogger daerah lain. Mereka adalah “kosongempatsembilan alias Farid, ableh apache alias Dillah, dan Wawan Slankissme”. Kehadiran mereka bertiga mewakili KKB di PB 2009 memberikan arti yang sangat mendalam untuk komunitas, apalagi  julukan blogger gila itu benar-benar julukan khusus karena kegilaan mereka menempuh perjalanan Banjarbaru- Balikpapan dengan naik motor untuk acara blogger di Kaltim. Sejak saat itu, Komunitas Blogger Kayuh Baimbai Kalsel menjadi salah satu komunitas yang patut dapat acungan jempol.

Ulang tahun KKB yang ke-2 tanggal 20 Januari 2010 dilaksanakan di Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru, meski perkembangan komunitas terlihat jalan di tempat. Namun karena semangat anggotanya yang mengedepankan rasa kekeluargaan, akhirnya keberadaan komunitas KKB kembali mendapatkan tempat di hati sesama blogger tanah air. Hal ini terbukti dengan terpilihnya Banjarbaru sebagai salah satu tuan rumah Mini Pesta Blogger 2010.  Mini Pesta Blogger 2010 di Banjarbaru ini berjalan dengan sukses.

Satu hal yang membanggakan dari komunitas ini adalah terbitnya buku “Menulis dalam Gelap”, yang mengisahkan tentang Kalsel di mata blogger, kenyataan bahwa alam kalsel yang kaya akan hasil tambang batu bara sirna oleh pemadaman bergilir oleh perusahaan listrik negara.”

Ulang tahun KKB yang ke-3, tanggal 20 Januari 2011. Perayaan sederhananya dilaksanakan mundur menjadi tanggal 6 Februari 2011 di objek wisata Mandiangin Kab Banjar. Meski sederhana, namun sangat terlihat jelas bahwa inilah blogger kayuh baimbai yang tetap kompak dan bersatu. Semangat untuk terus mengembangkan dunia blog lewat KKB masih terus terpatri di dada anggotanya yang hadir kala itu.

Tahun 2011 ini menjadi tahun kebangkitan lagi untuk Kayuhbaimbai.org, banyak hal positif yang bisa dijadikan pelajaran untuk sebuah komunitas. Kegiatan yang terekam tahun 2011 ini adalah ketika beberapa anggota KKB ikut acara “Blogger Nusantara di Sidoarjo tanggal 28 Oktober sd 30 Oktober 2011” dan kemudian ikut berpartisipasi di acara “Blogger ASEAN di Bali tanggal 16 & 17 Nopember 2011.” Tak kalah pentingnya adalah kerjasama dengan Harian Media Kalimantan, dimana setiap minggunya ada Media Blogger yang terbit dari posting pilihan. Media Blogger ini semula terbit hari Selasa, namun seiring berjalannya waktu menjadi Hari Minggu.

Dan malam ini,  Jum’at tanggal 20 Januari 2012. Komunitas tercinta Kayuhbaimbai.org tepat berusia 4 tahun, sebuah event bertajuk “Aruh Blogger 2012 ruhui rakat sabanua” telah disiapkan. Mudah-mudahan event yang mempunyai tujuan menyatukan blogger Kalimantan ini berlangsung dengan lancar dan sukses. Marilah dengan semangat dan niat yang tulus ikhlas, kita berikan yang terbaik untuk KKB dan Kalsel khususnya.


Responses

  1. terdampar pada sebuah ingatan….terimakasih atas ingatannya…

    ======
    selamat ulang tahun KKB, ruhui rahayu salawasan yaaaaaaaaaa

  2. hidup Kayuh Baimbai….

    ===
    Hidup Zian … eh hidup admin KKB

  3. sebagai orang yang tak pernah mengenal apa itu kompi, termasuk menjadi salah satu pendiri komunitas, merupakan sebuah penghormatan tertinggi bagi saya, dengan demikian saya berusaha utk mengenali dunia komputer dan semacamnya, hingga saya mengenal kalian.
    terimakasih kawan kawan yg telah memberikan semangat tuk belajar dan belajar lagi dan tentunya saya ucapkan ” selamat berulang tahun untuk Komunitas KKB, semoga jaya selalu”.

    salam

    ====
    Amin, semoga jaya selalu ya bang … banyak suka dan duka kita lewati bersama. Hanya dengan ketulusan niat semua rintangan bisa kita hadapi bersama komunitas. Hidup KKB !!

  4. Telat 10 jam maucapakan,, Happy Aniversary KKB

    ===
    ga ada kata telambat yed ai .. mudahan KKB selalu ruhui rahayu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: