Posted by: nia | September 26, 2011

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Walau hanya sedikit mengerti, ijinkan saya bercerita tentang Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia. Mungkin tak banyak yang dapat memaknai Blogpreneur secara spesifik dan benar, dari sekian banyak blogger di Indonesia, hanya sebagian kecil yang mampu menjalankan blog dengan kriteria blogpreneur. Ternyata saya menemukan jawabannya, dari sebagian besar pengguna blog di Indonesia, hanya sebagian kecil saja yang masih setia pada blognya, bahkan hanya sedikit blogger yang aktif menerbitkan tulisan. Sangat banyak pembuat akun blog yang kemudian menyia-nyiakannya. Lantas, mengapa ini bisa terjadi? Mari kita telusuri bersama fenomena dunia blogging di Indonesia dewasa ini.

Membuat tulisan di blog memerlukan waktu yang cukup luang, hal ini acap kali tidak bisa dilakukan sesering mungkin karena bisa saja terbentur oleh jam kerja. Namun jika memblog sudah menjadi suatu kebiasaan, waktu tentu tidaklah jadi alasan lagi untuk tidak update postingan.  Disamping itu, mood untuk menulis juga punya peranan penting, karena bagaimana pun banyaknya waktu luang yang kita miliki, jika mood tidak sedang dalam keadaan bagus, tulisan di blog juga tidak akan terbit.

Blogger

Disebut blog (kependekan dari web blog), merupakan salah satu jenis website atau bagian dari sebuah website. Biasanya blog dikelola oleh seorang individu, berisi komentar sebagai entri reguler, deskripsi peristiwa, opini publik, atau materi lainnya seperti grafis atau video. Entri biasanya ditampilkan dengan kronologi terbalik. Blog juga dapat digunakan sebagai kata penunjuk kerja, dapat berarti menambahkan atau memelihara konten pada halaman web.

Kebanyakan blog bersifat interaktif, ditulis atas dasar pengalaman pribadi si empunya blog atau pun hanya sekedar tulisan biasa yang memungkinkan pengunjung untuk ikut menanggapi melalui baris komentar, bahkan meninggalkan pesan satu sama lain. Ini menjadi pembeda utama antara blog dan situs internet lain semisal jejaring sosial.

Blogger sendiri secara harfiah, berarti komunal atau individu yang melakukan semua aktifitas blog, mulai dari menulis konten, mengelola komentar, optimasi, atau hanya sekedar berselancar ke blog lain. Sebagian besar blogger bekerja secara perorangan, dari rumah, area pribadi, atau tempat kerja yang memiliki fasilitas koneksi internet.

Genre

Dari sekian banyak blog, tersebar di beberapa media server penyedia fasilitas, dapat dikategorikan menjadi beberapa kelompok, sesuai dengan jenis aktifitas serta kriteria konten. Ada banyak blog yang hanya berfungsi sebagai catatan pribadi, penyampai opini, jurnalisme warga, informasi publik atau bahkan sebagai sarana promosi.

Kelompok sarana promosi, termasuk dalam kategori Blogprenuer. Pengguna atau pemilik blog memiliki tujuan memanfaatkan blog, sebagai salah satu sarana pencari keuntungan, bahkan ada sebagian blogger memiliki penghasilan utama dari blog. Banyak cara yang dapat di lakukan menuju sebutan Blogpreneur. Sangat banyak bisnis online yang bisa dijalankan seorang Blogger Blogpreneur, beberapa diantaranya, ada ada perusahaan atau pemilik bisnis yang membayar blogger untuk me review produknya, memasang banner, refferal, email sender, menulis artikel. Dengan kata lain, sangat banyak para pemilik bisnis yang mau membayar jasa, dan semua Blogger dapat memanfaatkannya.

Akhir-akhir ini, sempitnya lapangan pekerjaan tetap, membuat banyak orang beralih menjadi pengelola Blogpreneur. Tidak tangung-tanggung bahkan ada beberapa blogger yang meninggalkan pekerjaan utama, demi mengelola blog untuk tujuan bisnis. Wajar saja, tawaran yang bisa dihasilkan dari pekerjaan jenis ini memang bukan main-main. Tercatat, sudah ada beberapa blogger Indonesia yang berhasil mendapat penghasilan ribuan dolar setiap bulan dengan memanfaatkan blog, hanya dengan mengurus beberapa blog saja. Luar biasa bukan?

Blogger Nusantara

Melirik kesempatan besar, membuat Blogger Nusantara bermaksud mempertemukan blogger se-nusantara yang tergabung dalam berbagai komunitas blogger di dalam wadah kebersamaan yang digagas dengan perencanaan matang dan kerja cerdas disertai semangat bersatu demi mewujudkan mimpi besar bersua dengan 1000 blogger pada acara tersebut.

Perjumpaan 1000 blogger ini merupakan angin segar buat kita semua, terlebih bagi sebagian orang yang sebelumnya beranggapan pesimis terhadap masa depan Blogger. Sungguh merupakan harapan baru, sekaligus melempar jauh anggapan bahwa Blog telah ditinggalkan, bahkan kini tercipta anggapan terbalik, sosial media hanya sebagai sarana memperluas jaringan penularan Blogpreneur. Banyak pengguna sosial media yang mulai bergeser posisi, kini menjadi penggiat blog. Semoga Blogger Nusantara bisa menjadi ibu yang melahirkan Blogpreneur Indonesia yang andal, serta jadi pemersatu seluruh Blogger Nusantara.


Responses

  1. Salam Bakawanan🙂

    Salam Blogpreneur Kalsel🙂

  2. Saya manggut-manggut aja.😀

  3. Blogger Nusantara saat ini sedang sering disebut, wajar saja karena selain sedang mengadakan lomba SEO, mereka juga sedang mempersiapkan banyak blogger mengarak kepada Blogpreneur Indonesia. Saya termasuk yang meng-amininya, sambil berharap semangat itu bisa tertular kapada kawan-kawan Bloggergila Kalsel. amiiiinn…

    “mantab baru 3 hari terbit, sudah di halaman 5 google… “

  4. […] dua orang teman saya itu, sebenarnya mereka bisa dikategorikan sebagai blogpreneur karena sambil berselancar di dunia maya bisa mendapatkan materi berupa uang. Yang penting ada […]

  5. […] adanya halaman blogger itu nantinya, setiap pembaca yang belum mengetahui apa itu blog/ blogger akan mendapatkan sedikit pencerahan, dan semoga saja itu bisa menimbulkan keinginan mereka untuk […]

  6. ini kontes seo apa semi seo ya. terus apa bedanya ya ??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: