Posted by: nia | September 26, 2011

3 Tahun 9 Bulan

Jika melihat angka di atas, maka sepintas lalu pikiran kita akan langsung menebak bahwa itu adalah salah satu rentang perjalanan dari sebuah peristiwa yang telah terjadi ataupun sedang berjalan.  Sungguh, rekaman berbagai kejadiannya begitu membekas dalam memori otak saya, meski tidak semuanya bisa dijelaskan secara detail, namun ada dokumentasi yang sempat diabadikan bisa dilihat disini. Inilah sedikit gambaran bagaimana sebuah komunitas tempat saya bernaung dan mendapatkan banyak ilmu  dari para sahabat blogger mengalami liku perjalanan.

Tentang sebuah komunitas blogger yang ada di Kalimantan Selatan, Kayuh Baimbai namanya. Pertama kali dideklarasikan pada tanggal 20 Januari 2008 oleh ketuanya Harie Insani Putra dengan beberapa blogger ( pendiri KKB ) kawan seperjuangan sang ketua.

===
Saya akan memutar ulang ingatan sebentar saja ke masa 5-6 tahun lalu, ketika itu saya sangat senang menulis kejadian nyata ke dalam catatan di dunia maya, blog namanya. Kebetulan situs yang memberikan layanan blog gratis itu bisa saya setting menggunakan menu privasi sehingga dengan nyamannya saya berkeluh kesah ataupun curhat tentang perasaan kala itu, tanpa harus malu karena orang lain tak akan pernah bisa membaca postingan saya.

Keasikan memposting di blog berlangsung hampir 3 tahun, hingga salah seorang kawan di kantor saya mengatakan bahwa ada komunitas blogger Kalsel, tepatnya blogger yang berdomisili di Banjarbaru dalam beberapa hari lalu selesai mengadakan KopDar ke-2 di sebuah SMK di kota Banjarmasin. Sungguh, ketika itu saya sangat ingin ikut yang namanya komunitas blogger, pasti keren dan asik … pikir saya kala itu. Terima kasih untuk kawan saya yang telah membuka jalan sehingga saya bisa bergabung dengan komunitas blogger pertama di Kalsel ini.

Akhirnya dalam satu kesempatan, saya memutuskan untuk mengunjungi situs mereka, berkomunikasi dengan para blogger-bloggernya via forum dan juga telepon, ketika itu anggota komunitas tersebut masih bisa dihitung dengan menggunakan jari tangan dan kaki saya. Hingga 3 bulan berikutnya ada lagi KopDar yang akan mereka adakan. Tetapi kali ini tepatnya tidak di Banjarmasin lagi, melainkan di Banjarbaru.

===
Sabtu, 19 Juli 2008 di Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru
Untuk pertama kalinya saya ikut kopdar ( KKB ke -3 ) di suatu komunitas, dan ini adalah komunitas blogger yang juga pertama di Kalimantan Selatan. Bersama dengan adik perempuan saya, kami berangkat ke Banjarbaru dengan naik motor. Kisah ini sudah pernah saya posting di blog ketika ikut lomba di acara Ulang Tahun komunitas KKB yang ke-1. Saya sempat mengabadikan keikutsertaan saya di kopdar itu dengan beberapa jepretan foto, namun hasil fotonya sangat buram.

Sejak saat itu, Kayuh Baimbai mempunyai domain dan hosting sendiri dengan nama kayuhbaimbai.org, sebelumnya ikut numpang di kayuhbaimbai.wordpress.com. Perjalanan ngeblog saya pun berubah total, 2 kali saya sempat berganti blog sebelum akhirnya memiliki domain sendiri.

Keadaan berkomunitas yang menimbulkan semangat untuk rajin update blog saat itu sedang berada di masa keemasan, berbagai acara mengenalkan komunitas ini gencar dilakukan, dari on air di beberapa buah radio swasta, road show ke Kandangan, sampai mengadakan event yang cukup besar di usianya yang baru merayakan ULtah ke -1. Aruh Blogger tgl 22 Maret 2008 di Banjarbaru. Kenapa harus Banjarbaru???

Dan di saat yang sama, kebetulan sebuah perusahaan jasa telekomunikasi yang dipimpin oleh Kepala kantornya yang juga seorang blogger memberikan dukungan kepada komunitas ini. Jadi terasa begitu lengkap dan yang tak pernah saya lupakan adalah ketika komunitas merayakan Ulang Tahun ke-, saya menjadi juara I memposting pengalaman tentang ikut komunitas, hadiahnya selain domain gratis selama setahun yang disediakan KKB, juga handset CDMA karena saya jadi juara I.

Ada keadaan dimana roda selalu berputar, kadang di atas kadang di bawah. Begitu juga dengan berkomunitas, ada masa dimana saya hampir tak lagi bisa serajin dulu mengupdate blog, satu-satunya hal yang membuat saya merasakan kecewa ketika postingan saya di blog pribadi dengan domain dan hosting berbayar semuanya terhapus oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Lebih parahnya tak ada satu arsip pun yang bisa diselamatkan.

Ulang Tahun ke-2 ( tahun 2010 ) komunitas dirayakan secara sederhana dengan visit media yaitu Radar Banjar ( sayang gagal ), dan hanya ke museum di Banjarbaru saja, banyak juga blogger yang hadir ketika itu.Namun tak banyak yang bisa saya ceritakan di postingan ini. Kesibukan para anggotanya termasuk saya membuat kopdar-kopdar berikutnya mengalami jarak waktu yang cukup lama.

Tahun 2010 ini juga merupakan tahun yang membanggakan untuk KKB karena telah berhasil menerbitkan secara swadana sebuah buku yang diberi judul menulis dalam gelap, sungguh ini hal yang membanggakan.

Masih di tahun yang sama, keberhasil Banjarbaru sebagai tempat dilaksanakan PB mini 2010 juga merupakan hal yang membanggakan komunitas kayuh baimbai. Keberadaan KKB sudah semakin dikenal oleh komunitas-komunitas blogger se- nusantara dengan buku ini. Bahkan launching buku pertama KKB ketika itu bertepatan dengan Mini PB 2010.

Ulang Tahun ke-3 KKB ( 2011 ) kali ini membuat saya semakin menyadari bahwa ternyata untuk tetap eksis menjadi sebuah komunitas itu memang harus melewati pahit getir cobaan. Namun dengan seleksi alam jua lah, komunitas tercinta ini semakin kokoh berdiri .. ibarat bendera maka ia tetap berkibar di puncak tiang dengan hembusan angin dari segala penjuru. Meliuk-liuk indah dengan kibaran-kibarannya.

Dan, dalam rentang waktu hingga bulan September 2011 ini. Komunitas sempat mengadakan kopdar resmi sebanyak 2x yakni tanggal 06 Februari 2011 di Mandiangin. Kemudian pada tanggal 25 September 2011 di Ds Puntik Dalam Kab Batola.

Jadi, tidak berlebihan jika saya mengatakan 3 tahun 9 bulan adalah masa yang penuh dengan tumbuh kembang sekaligus masa yang berat untuk bertahan bagi sebuah komunitas dengan berbagai  latar belakang profesi anggotanya.

3 tahun 9 bulan, sebuah harapan agar buku ke-2 KKB bisa terbit lagi ketika berulang tahun yang-4 nanti. Dan menjelang dilaksanakannya acara blogger nusantara di Sidoarjo bulan Oktober yang akan datang, semoga saya bisa menjadi salah satu peserta 1000 blogger itu untuk bersua dengan sahabat blogger senusantara, amin.


Responses

  1. Go Blogger Kalsel🙂

    semoga KKB terus eksis lagi🙂


Leave a Reply

Categories

