Posted by: nia | June 23, 2011

Bawang Merah, si mungil yang berkhasiat

Hampir semua dari kita tahu yang namanya Bawang Merah, tanaman ini termasuk sayuran dengan umbi yang berlapis. Selain sebagai bumbu/ penyedap masakan, kali ini saya ingin berbagi cerita tentang khasiat dari bawang merah.

Beberapa hari lalu, saya menderita sakit kepala yang teramat sangat. Memang sakit yang sering saya alami adalah di seputar kepala. Berhubung saya terbiasa meminum obat yang ada efek samping kelak di kemudian hari, akhirnya saya mencoba alternatif lain yaitu dengan obat herbal.

Jika sakit kepala yang saya alami masih tergolong ringan, saya biasanya hanya mengolesi dengan balsem atau minyak kayu putih, terus menyisir rambut dengan waktu yang lumayan lama, sehingga rasa sakit tersebut berkurang dan hilang sama sekali.

Namun jika sakit kepala itu sudah sampai pada tahap mengganggu aktifitas dan disertai dengan mual dan ingin muntah. Mau tidak mau saya langsung minum obat penahan rasa nyeri. Dan jika tetap tidak berkurang juga, saya pasti akan mencari seorang yang pintar memijit kepala.

Begitu juga dengan beberapa waktu yang telah lewat, ketika itu saya mengalami sakit kepala yang teramat sangat, kebetulan saya sedang bertamu di rumah seorang kawan, oleh isteri kawan saya itu  saya dikasih tau bahwa ada seorang yang pintar mencabut angin di seputaran tempat tinggalnya.

Singkat cerita saya pun bertemu dengan orang tersebut di rumah kawan saya tadi, proses pencabutan angin dari kepala saya diwarnai dengan saling adu muntah antara saya dengan acil tukang cabut itu. Kalau sudah sampai kondisi muntah itu, biasanya rasa sakit di kepala saya akan berkurang dan kemudian bisa hilang. Cabut angin ini lebih enak saya sebut pijat kepala saja ya🙂

Keesokan harinya, kembali saya mengalami hal yang sama. Memang tidak sesakit semalam, Akhirnya saya kembali dipijat kepala oleh acil. Tapi kali ini ada yang beda, kalau kemarin  acil menggunakan minyak kayu putih sebagai obat urut, maka kali ini yang dipakai adalah sebiji bawang merah dan sedikit garam dapur. Caranya adalah bawang merah tersebut dimemarkan dan diremes-remes bersama dengan sedikit garam dapur, lalu dioleskan ke kepala yang sakit. Sakit saya ini kemungkinan adalah dikarenakan oleh angin. Alhamdulillah sakitnya berkurang dan perlahan sembuh.

Menggunakan bawang merah untuk mengurangi sakit di kepala akibat masuk angin baru kali ini saya ketahui, biasanya saya menggunakan bawang merah itu hanya sebagai campuran minyak pijat/ urut di badan. Selain itu, Bawang Merah juga bisa digunakan untuk menghilangkan bentol-bentol di kulit akibat gigitan nyamuk. Caranya adalah iris tipis bawang tadi, lalu gosok pelan-pelan pada bagian kulit yang bentol. Insya Allah, gatal dan bentolnya akan berkurang dan sembuh.

Ternyata bawang merah selain sebagai bahan untuk bumbu masakan, juga bisa dijadikan sebagai obat. Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah punya pengalaman dengan si mungil berwarna merah dan berbau khas ini?
********************************************


Leave a Reply

Categories

