Posted by: nia | June 4, 2011

Waktu yang berharga

Menikmati perjalanan di pagi hari menuju Banjarmasin yang berjarak ± 34 km dari Banjarbaru dan sebaliknya adalah sesuatu yang menyenangkan untuk saya pribadi, walaupun terkadang sekali waktu terlintas kesedihan ketika melihat kenyataan bahwa tidak semua pengguna jalan mempunyai kepedulian terhadap keselamatan orang lain. Belum lagi pandangan mata yang tak lepas dari antrian truk-truk di seputar SPBU. Entah kenapa fenomena antri BBM ini terulang terus tiap tahunnya.

Saat memacu motor dengan kecepatan sedang atau tinggi, konsentrasi pikiran memang harus focus. Dahulu ketika saya menikmati perjalanan dengan jarak tempuh puluhan kilometer, saya memasang headset untuk mendengarkan musik di telinga. Barangkali itu bukan solusi terbaik saat berada di atas kenderaan, setelah itu saya memilih untuk mendengarkan bacaan-bacaan Al_qur’an ketimbang dengar musik. Namun entah kenapa, sekarang saya justru tidak ingin lagi memasang headset itu saat naik motor.

Dengan tidak melakukan hal itu, otomatis saya merasa ada “waktu yang hilang percuma” saat di perjalanan. Kemudian saya memutuskan untuk mengisi waktu sepanjang perjalanan dari Banjarbaru-Banjarmasin dengan hal-hal yang bermanfaat, diantaranya membaca ayat kursi, doa-doa pendek, dll.

Saya menyadari, jika jarak tempuh saya ± 45 menit untuk sampai di Banjarmasin. Dan selama perjalanan itu saya memohon perlindungan hanya kepada Allah, semoga perjalanan saya lancar dan selamat sampai tujuan. Mendekatkan diri kepada sang pencipta dengan mengamalkan doa-doa pendek atau membaca ayat kursi saat di perjalanan adalah hal yang tidak sulit untuk diamalkan.

Semakin jauh perjalanan yang saya tempuh, semakin kuat keinginan saya untuk mengamalkan hal di atas. Memang, tidak ada ketentuan kapan kita harus membaca amalan-amalan itu, selagi ada waktu luang alangkah baiknya untuk kita lakukan. Termasuk saat kita sedang berada diperjalanan.

Terkadang, meskipun berada di rumah dan tidak ada kegiatan. Waktu kita lebih banyak dihabiskan di depan tv atau mendengarkan radio. Apalagi jika itu acara hiburan, sehingga terlupa lah kita untuk mengingat sang pencipta. Saya pribadi kadang lebih tergoda untuk ngenet sambil baca-baca artikel, ketimbang membaca Al-Qur’an atau do’a-do’a lainnya.

Padahal, jiwa kita sesungguhnya merindukan kedekatan kepada Allah SWT. Semakin kita sering membaca Al-Qur’an dan berdoa kepada-Nya, semakin kita menyadari bahwa sesungguhnya kita hanyalah makhluk lemah. Hanya Allah SWT yang punya kuasa atas diri kita.

Jika sudah sampai pada perasaan seperti ini, ingin tiap waktu mengingat sang pencipta. Namun, di sisi lain … ada godaan-godaan yang datang bertubi-tubi dari syetan untuk menjerumuskan kita.

Untuk kembali merasakan jiwa yang damai, selain selalu mengamalkan sholat lima waktu, berdoa dan membaca Al-Qu’an, ada baiknya kita mempelajari kembali Al-Qur’an dan terjemahannya. Al-Qur’an beserta terjemahannya adalah sesuatu yang sangat menarik untuk dibaca dan dipelajari. Membaca terjemahan itu membuat hati kita semakin yakin bahwa kehidupan dunia dan akhirat akan kita alami nanti.

Saya sering kali membaca kisah-kisah teladan, juga kisah-kisah bagaimana seorang non muslim menjadi tertarik dengan kandungan Al-Qur’an, hingga akhirnya  mendapat hidayah memeluk agama Allah. Bagaimana dengan kita yang telah menjadi pemeluk agama Allah semenjak dilahirkan, apakah sudah benar-benar memahami isi kandungan Al-Qur’an?

Saya pribadi masih terus belajar, terlalu banyak kejadian yang saya alami dan lihat. Jika tidak ada lagi yang bisa menjelaskan pertanyaan demi pertanyaan, maka  Al-Qur’an dan Hadist adalah jawabannya. Insya Allah kita akan mendapat petunjuk jika Allah menghendaki, amin.


Responses

  1. Berdzikir saat mengemudi sungguh mengasyikkan kalo udah biasa.🙂

    ===
    Asop: iya, betul sekali .. punya kebiasaan gtu juga ya??🙂


Leave a Reply

Categories

