Posted by: nia | April 30, 2011

Air Kelapa Muda

Beberapa waktu yang lalu, saya berkesempatan pulang ke kampung halaman. Betapa senangnya hati ini karena di sana saya bisa bertemu dan berkumpul dengan mama tercinta, saudara-saudara terkasih, juga ponakan-ponakan yang pintar. Satu hal yang membuat saya merindukan kampung halaman adalah bisa dengan sepuasnya berada di kebun. Kebun yang ditanami berbagai macam tanaman dan buah-buahan, kebun itu adalah peninggalan alm abah saya.

Ketika ingin menikmati buah pisang misalnya, tinggal ditebang kalau buahnya sudah cukup untuk dinikmati. Begitu juga dengan berbagai tanaman lainnya. Seperti saat sore itu, saya ingin sekali menikmati air kelapa muda. Kebetulan di kebun itu ada beberapa pohon kepala yang sedang berbuah, ada yang masih muda dan ada yang sudah tua. Ada satu pohon kelapa yang berbuah untuk pertama kalinya, bisa dipetik langsung karena masih bisa dijangkau oleh tangan.

Oleh mama, kelapa muda itu dipetik sebanyak 5 buah. Hemm … segernya kalau air kelapa muda itu langsung diminum setelah dipetik. Sore itu juga kami sekeluarga menikmati air kelapa muda yang segar. Sambil menikmatinya, ada sedikit cerita tentang khasiat air kelapa muda.

Diceritakan oleh mama, beberapa waktu yang lalu ada kenalan beliau yang tiba-tiba terserang stroke, keluarganya langsung memberikan pertolongan dengan meminumi si penderita dengan air kelapa muda. Itu dilakukan 3x sehari selama 3 hari berturut-turut. Hasilnya sungguh menggembirakan, si penderita berangsur mulai membaik. Merasakan keadaan yang semakin membaik itu, eks penderita tadi secara rutin meminum air kelapa muda sebanyak 2 kali seminggu. Sampai sekarang itu masih berlanjut, dan Alhamdulillah stroke itu tidak kembali lagi.

Ada lagi cerita tentang khasiat air kelapa muda itu, ponakan saya yang masih berumur 1 tahun beberapa bulan terkena penyakit gatal ( karumut: bahasa banjar), untuk mengobati keponakan yang terkena karumut  itu dengan menggunakan air kelapa, maka tubuhnya dibasuh sedikit demi sedikit dengan air kelapa. Dan Alhamdulillah penyakit karumutnya bisa sembuh.

Ternyata air kelapa muda itu, selain untuk dinikmati sebagai minuman segar juga berkhasiat sebagai obat. Apakah anda punya pengalaman dengan air kelapa muda?🙂


Responses

  1. Subhanallah, saya baru tahu…🙂
    Selama ini saya hanya tahu kesegarannya aja, dan bisa mengganti cairan tubuh habis olahraga.🙂

    ===
    saya juga … he he, biasanya cuma menikmati rasanya yang segar

  2. saya juga suka air kelapa apalagi yang gratisan,hihi wahh ademmm

    ===
    xixixixi … sama Zul ai


Leave a Reply

Categories

