Posted by: nia | March 2, 2011

Telor bebek, Gula Aren dan Radang Usus Buntu

Ini adalah pengalaman saya ketika duduk di bangku kelas satu es te em, ketika itu saya mengalami radang usus buntu parah, bahkan ketika pergi ke dokter … oleh pak dokter saya disarankan langsung operasi untuk pemotongan usus buntu itu.

Gejala awal saat saya menderita usus buntu ini adalah di perut bagian kanan terasa sangat sakit ketika berjalan, apalagi kalau berjalan tegak. Untuk mengurangi rasa sakit itu akhirnya saya berjalan agak merunduk, namun hal itu tidak banyak membantu. Sakit saya semakin parah, saya tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah dan ijin karena sakit.

Di rumah, saya tidak bisa banyak bergerak karena semakin lama perut saya semakin sakit. Ketika bagian perut saya ditekan, terasa keras … ga seperti biasanya, badan saya demam tinggi. Abah yang berada di kampung langsung meluncur ke Banjarmasin kala itu, ketika beliau sudah sampai di Banjarmasin. Saya langsung dibawa ke dokter untuk diperiksa.

Dari hasil pemeriksaan dokter itu, saya langsung disarankan operasi. Mendengar kata operasi tentunya Abah saya sangat tidak setuju, disamping karena mungkin perlu biaya yang tidak sedikit, Abah saya bilang bahwa setiap bagian dari tubuh kita pasti punya fungsi masing-masing, diantara fungsi usus buntu bisa kita baca di sini.

Karena alasan itulah, akhirnya beliau kemudian berusaha keras mencari alternatif lain supaya saya bisa sembuh tanpa operasi. Hal yang pertama kali beliau lakukan adalah merebus ¼ kg gula aren dengan air secukupnya, setelah mendidih lalu rebusan air gula aren itu dicampur dengan kuning telor itik ( bebek tambak yang warnanya jingga kemerahan), setelah diaduk beberapa saat dan bisa diminum. Saya pun langsung disuguhi minuman itu.

Jangan dibayangkan bagaimana rasanya, yang saya ingat kala itu adalah tak berani menentang perintah Abah. Saya yakin dengan menuruti apa yang Abah suruh Insya Allah saya bisa sembuh atas ijin Tuhan.

Dengan menutup hidung tiap kali meminum air rebusan gula aren dicampur kuning telor bebek, tak terhitung berapa kali saya minum itu sebagai gantinya  makan, karena saat itu  untuk makan bubur pun rasanya perut saya belum bisa bekerja seperti waktu normal. Berangsur-angsur saya bisa BAB, perut saya tidak lagi keras kalau ditekan, meski saya masih belum bisa banyak bergerak.

Melihat perkembangan menggembirakan itu, akhirnya saya pelan-pelan mulai makan bubur, karena belum diperbolehkan makan nasi sampai rasa sakit di perut saya tidak terasa lagi.

Setelah yakin sembuh, walau tanpa periksa ke dokter lagi. Berbulan-bulan saya tak berani mengangkat beban yang agak berat, untuk olah raga pun tak berani jika berisiko terhadap perut. Dan sampai sekarang, alhamdulillah saya tidak pernah lagi merasakan sakit radang usus lagi.

***

Saya hanya berbagi cerita disini, meskipun mungkin tidak ada hubungannya antara gula aren, telor bebek dan usus buntu. Namun yang saya tau kalau kita mengkonsumsi gula aren ( zat gula), maka zat gula itu bisa memberikan tenaga dalam tubuh kita, apalagi saat perut tidak bisa menerima masukan makanan yang agak keras. Tentunya dengan air rebusan gula aren itu, perut kita tak perlu bekerja keras untuk mengolahnya. Ah … ntahlah, mungkin yang memiliki ilmu tentang ini lebih tau seluk beluknya … he he

 

 

 


Responses

  1. wah…mantappp baanar papadag abah tu?

    gula aren juga bisa menghilangkan rasa badan yang menggigil coba aja….hehehehe
    terbukti beberapa pemancing mania ala banjar yang sering berendam dalam danau sambil mancing kena guyuran hujan …mereka tetap bertahan dengan konsumsi gula aren….ckckckckckck…

    ====
    inggih, ternyata gula aren memberikan banyak manfaat bang lah ..🙂

  2. Lewat HI saya mendedikasikan diri untuk mengungkapkan rahasia awet muda susah sakit dan panjang umur kepada masyarakat awam serta mereformasi kekurangan pengobatan medis konvensional lama…Jelajahi HI dan dapatkan rahasia dunia kesehatan untuk melindungi diri sendiri keluarga serta lingkungan Anda dari malpraktek medis konvensional. Mari bersama-sama kita sembuhkan Indonesia!!!..

    ====
    Mari, semangat🙂

  3. belum update…ya?


    belum bang .. he he

  4. Wah, ini info yg menggembirakan, mungkin bisa buat bahan riset ulun, hehe….
    Usus buntu meski kelihatan tidak berguna sebenarnya sangat berfungsi, yaitu sebagai bagian dari sistem imun tubuh.

    ===
    aminn … semoga bermanfaat lah, dan mudahan kuliahmu lancar🙂


Leave a Reply

Categories

