Posted by: nia | February 22, 2011

Kisah tentang Sisir Rambut

Sisir rambut berfungsi untuk merapikan rambut, benda ini memiliki berbagai bentuk sesuai dengan jenis rambut. Saya memiliki sebuah pengalaman yang secara kebetulan membuat saya ingin memposting di sini.

Sebelum melanjutkan menulis, saya sempat membaca artikel ini. Kenapa saya membacanya? Karena setiap kali akan mengalami siklus bulanan, saya selalu mengalami salah satu gejala yang disebutkan pada artikel itu.

Memang dari pertama kali mengalami masa menstruasi, saya sudah merasakan sakit, untuk mengatasinya saya terpaksa meminum obat-obatan, yang ada efek jangka panjangnya,  bukan meminum jamu/ obat tradisional yang tidak memiliki efek jangka panjang. Seiring berjalannya waktu, saya merasa ketergantungan terhadap jenis obat itu. Dan parahnya jika obat tersebut dikonsumsi dalam jangka panjang maka akan berakibat kerusakan hati dan ginjal. Wah, mengerikan sekali!

Saya mencoba alternatif lain, ketika gejala PMS mulai terasa saya tidak buru-buru minum obat, melainkan memijit bagian yang sakit. Seperti misalnya kepala, tapi yang memijat tentu bukan sembarang orang, harus ahlinya. Karena saya tau bahwa kepala adalah bagian yang sangat vital, dimana di dalamnya terdapat pusat syaraf-syaraf. Selain memijat bagian kepala, sering juga saya menggunakan balsem untuk sekedar mengurangi rasa sakit.Walaupun pada akhirnya saya tetap memimum obat juga jika terpaksa.

Seiring berjalannnya waktu, saya mencoba untuk tidak lagi memijit kepala jika sedang merasa sakit, atau menahan supaya tidak meminum obat lagi. Sebagai gantinya adalah saya hanya menyisir rambut saya secara perlahan-lahan. Dan ajaib, setelah beberapa menit menyisir, berangsur-angsur rasa sakit di kepala saya berkurang dan lenyap sama sekali.

Padahal biasanya, setiap bulan saya menghabis 1-2 keping obat sakit kepala saat mengalami PMS. Dan sebulan terakhir ini mudah-mudahan saya bisa menghentikan penggunakan obat tersebut.

***

Saya tidak tau, apakah ini terjadi secara kebetulan atau bagaimana? Yang jelas  saya teringat dengan masa kecil saya. Ketika itu nenek bilang, “kalau rambut berantakan/kusut, itu bisa berarti hati ikut kusut, maka itu biasakanlah menyisir rambut supaya rapi, jadi hati kita pun akan terasa tenang.”

Sekedar informasi, dalam sehari biasanya saya cuman menyisir rambut sekali pada waktu pagi sebelum berangkat kerja, berhubung rambut saya panjangnya lebih dari 1 meter, maka rambut  ini selalu saya gulung dan kemudian dibungkus  oleh jilbab.

Saya beruntung memiliki rambut panjang yang lumayan tebal, meski tiap hari ada sedikit rambut yang rontok. Namun itu adalah hal wajar menurut saya. Jadi ketika harus menyisir, maka tidak bisa sepintas lalu. Jadi bisa dimaklumi kalau saya termasuk orang yang hanya sisiran sekali sehari.

Setelah mengalami kejadian yang saya ceritakan di atas, akhirnya saya mensugesti diri sendiri, “apabila sakit kepala” saya akan menyisir rambut dengan perlahan dan hati-hati sambil berdoa mohon kesembuhan kepada Tuhan.

Dari pengalaman saya di atas juga, saya mencoba mencari-cari artikel bagaimana jika kita sering menyisir rambut. Namun yang saya cari tak sepenuhnya bisa membuat pertanyaan saya terjawab, malah saya sempat membaca tak baik kalau terlalu sering menyisir rambut kaena bisa berakibat kerontokan rambut.

Untuk saya pribadi, barangkali 2-3 kali sehari menyisir rambut sudah cukup. Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah Anda suka menyisir rambut sesering mungkin? Bagaimana rasanya jika setelah terbiasa menggunakan sisir rambut untuk merapikan rambut tiba-tiba dalam sehari tidak sisiran? Apakah ada yang kurang? Atau apakah Anda bukan termasuk orang yang suka memakai sisir untuk merapikan rambut?

Apapun itu, semua tergantung pada kita🙂, semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat untuk saya pribadi dan kita yang membaca, amin.


Responses

  1. hihihi jadi malllluuu….. saya malah gak punya sisir, biasanya mah bis mandi pakai sisir alami aja..nii 10 jari disulap jadi sisir, blerrrr indah tampan menawan…hahaha😀

    ===
    coba sekali² rambutmu disisir dengan sisir betulan, bukan sulap dari 10 jari … pasti tambah menawan Zul🙂 he he

  2. Wah, hebat juga ya, ternyata sisir bisa membantu kesehatan. hihi… btw, kayanya mba ngadakan riset terus ya? haha

    ===
    Yang jelas sisir tu bikin rambut kita rapi, iya ga Zian?
    bukan riset sih, tapi berbagi cerita🙂 he he


Leave a Reply

Categories

