Posted by: nia | February 20, 2011

Tentang buah Tomat

Beberapa waktu yang lalu, saya pergi belanja ke pasar ( sebenarnya itu sebuah pasar kecil yang waktu berlangsungnya ± 2 jam, pedagang yang berjualan pun  bisa dihitung dengan jari, begitu juga para pembelinya. Jualan yang mereka jual adalah berupa sayur-sayuran, buah-buahan dan berbagai ikan air tawar. Ada juga kebutuhan pokok lainnya seperti beras dan lain-lain.

Ketika itu mata saya tertuju pada setumpuk buah Tomat yang masih segar-segar berwarna jingga kemerahan. Yang terbayang di benak saya adalah betapa nikmatnya dibikin sambel buat lalapan. Saya pun berniat untuk membelinya.

“Berapa sekilo, Man?” tanya saya kepada yang jual Tomat itu.

“Lima ribu, Mbak?” jawab paman itu ( paman adalah sapaan saya kepada penjual itu).

“Hah, lima ribu? Murah banget,” gumam saya dalam hati.

Sambil memilah dan memilih saya mendengarkan sepintas cerita paman itu. Beliau bilang baru kali ini mencoba jualan Tomat, kebetulan baru panen dari kebun.

 

Setelah cukup timbangannya sekilo, saya beralih memilih buah Terong yang kebetulan juga dijual oleh beliau. Terong-terong ini pun masih terlihat segar, dan harganya perkilo adalah Rp 3000.

Saya pun berniat untuk membayar, namun saat itu uang kembalian untuk saya belum mencukupi, saya mohon ijin untuk belanja yang lain terlebih dahulu. Setelah menitip belanjaan itu sebentar, saya belanja keperluan lain. Saat melihat orang jualan Tomat di tempat lain, iseng-iseng saya bertanya berapa harga Tomat perkilo, ternyata Rp 10.000. Dalam hati saya berpikir, apakah tadi saya salah dengar di tempat beli yang pertama?

Sekembalinya saya ke tempat paman yang jualan Tomat, saya bertanya sekali lagi berapa harganya tadi sekilo. Tetap dijawab Rp 5.000. Artinya saya tidak salah dengar, dan akhirnya saya memutuskan untuk beli lagi sekilo. Waduh … Tomat sebanyak itu buat bikin sambel sebulan cukup, itu pun kalau bikin sambelnya tiap hari … hahahaha

Saya pulang ke rumah dengan wajah puas, Tomat dan Terong itu saya simpan di tempat penyimpanan. Berharap semoga 2-3 minggu ke depan masih  segar. Saya sebenarnya sangat suka dengan lalapan, apalagi sambelnya bikinan sendiri, maka itu lah harus ada persediaan tomat dan cabe di rumah.

Beberapa waktu berlalu, kebetulan bulan ini saya selalu kebanjiran dapat traktir makan di luar, otomatis untuk masak di rumah jadi jarang. Dan akibatnya Tomat dan Terong itu hampir tak tersentuh. Saya jadi binun, kalau Tomat itu ga segera dimakan, bakalan sia-sia deh …

Akhirnya saya memutuskan untuk membersihkan beberapa buah Tomat, mengiris menjadi 4 bagian tiap buah, kemudian membubuhi sedikit gula, dan  menyimpannya beberapa saat dalam kulkas, setelah itu baru memakannya. Hem … seger sekali rasanya.

Dimakan secara langsung sudah, tapi sisa tomat itu masih puluhan … kalau ga salah dulu ± 60 biji per/2 kg. Ini masih ada ± 40 bijian. Akhirnya saya telepon ke mama saya, bertanya bagaimana resep bikin tumis tomat. Saya ingat dulu waktu kecil ketika punya tanaman tomat dan berbuah, sering banget dibikin tumisan.

Resep Tumis Tomat ala Mama Saya :

10 buah tomat diiris kecil

10 siung bawang merah diiris kecil

1 kotak kara ( santan ) kecil

1 biji cabe merah besar

Gula merah dan gula pasir secukupnya

Garam dapur secukupnya

1 gelas air putih

Cara masak:

Rebus air, masukkan irisan bawang dan cabe. Masukkan juga kara beserta gula merah sampai mendidih. Masukkan irisan tomat sampai menjadi mengental, bubuhi garam dan gula pasir. Aduk perlahan-lahan sampai rata, tumis tomat telah matang dan siap untuk dicicipi.

===

Sebenarnya, Tomat juga enak dibikin jus. Bagaimana dengan Anda? Suka mencoba aneka cara mencicipi rasa Tomat?


Responses

  1. Wah ini buah kesukaan saya mba, makasih resepnya ya….. ajib kayaknya nih *Ngambil kunci, ngacir kepasar*

    ====
    Ngacir ke tempatku az Wan, masih banyak loh …🙂
    mudah-udahan resepnya bisa dipakai lah🙂

  2. ada ya yg namanya tumis tomat…pengen nyoba rasanya kayak pa….btw saya juga suka makan tomat mentah…ampir tiap hari jadi tambahan menu makan malam….mmmh….

    ====
    Yupe, ada tumis tomat: rasanya seger banget …
    wah .. asik dong yaaa, hampir tiap hari makan tomat, kebutuhan vitamin A dan C tercukupi jadinya🙂


Leave a Reply

Categories

