Posted by: nia | January 16, 2009

Setahun kemarin untukmu

“Saat dimana kukenang kembali pertama kalinya kujumpai komunitas ini, dan dalam hitungan beberapa hari ke depan, komunitas ini akan berulang tahun, hanya sedikit tulisan ini yang bisa kupersembahkan sebagai kenangan terindah selama aku bergabung”

*************

Sore itu matahari mulai tergelincir ketika saya dan adik saya Icha memutuskan untuk segera berangkat menuju Banjarbaru, tujuan kami adalah mengikuti kopdar anggota kayuhbaimbai di lapangan Murjani Banjarbaru pada jam 19.00 Wita pada tanggal 19 Juli 2008. Jam 18.00 Wita kami meninggalkan gerbang terminal km 6. Perkiraan sementara, kami bisa sampai ditujuan tepat jam 19.00 Wita, dengan catatan terlebih dulu singgah di mesjid brimob.


Pagi hari Sabtu, tanggal 19 Juli 2008, saya sempat online di YM dengan manusiasuper (salah seorang deklarator ) untuk konfirmasi tentang kopdar ke-3 komunitas blogger kayuhbaimbai. Perkenalan saya dengan manusiasuper ini karena saya secara intens mengikuti informasi di http://kayuhbaimbai.wordpress.com tentang rencana kopdar tersebut, dimana dalam kopdar ini siapapun yang hadir (minimal sekali seumur hidup ) maka secara penuh ia telah menjadi anggota penuh dari komunitas, sebuah syarat yang aneh namun saya sangat setuju!


Perkiraan sampai di Murjani jam 19.00 Wita ternyata tepat, dengan alasan saya belum pernah ketemu langsung dengan anggota komunitas ini, maka saya kontak lagi dengan manusiasuper untuk memastikan dimana tempat berkumpulnya. Alhasil, saya dan Icha diminta menunggu di depan kantor DPRD Banjarbaru.


Sempat kejadian lucu terekam dalam ingatan saya, berhubung acara kopdarnya dilapangan terbuka … dan tidak ada satupun ciri khusus untuk saling mengenal satu sama lain, maka seusai parkir motor didepan kantor wakil rakyat, saya dan Icha langsung menuju ke tempat 2 orang pemuda yang sedang ngutak atik notebook.



Ah … beruntung waktu itu kami belum sempat menyapa kedua orang tadi, Icha meminta saya untuk menghubungi manusiasuper supaya tidak terjadi salah orang. Dan ketika saya berhasil bicara dengannya, ternyata oh ternyata … manusiasuper sudah ada 1,5 meter dari jarak saya berdiri namun saling berbelakangan. Xixixi …



Perkenalan singkat disertai jabat tangan berlangsung … Fadil ( manusiasuper ) memberitahukan bahwa yang lain masih berada dirumah Wahyu ( saya gak kenal siapa Wahyu ketika itu). Ngobrol sebentar sambil pesan minum … menunggu yang lain datang.


Tak lama … datang beberapa orang cowok, ada yang berambut gondrong mengenalkan diri sebagai Pakacil, ada yang berbaju merah mengenalkan diri sebagai Angga, ada yang berkacamata mengenalkan diri sebagai Sandy, ada yang agak gemuk mengenalkan diri sebagai Amed, ada yang wajahnya sudah saya hapal namun baru kali itu saya lihat langsung mengenalkan diri sebagai Hariesaja. Trus ada lagi yang mengnalkan diri sebagai Bowo. Dilanjutkan oleh Farid. Dan ada yang mengenalkan diri sebagai Didi dan kemudian dikerjai oleh para cowok tadi untuk jemput cewek yang bernama Sarah ( namun ga bisa hadir karena sedang nge-MC. Dan ada lagi seorang cowok .. masih muda banget mengenalkan diri sebagai Awym, hem … Yang lainnya sungguh saya ga bisa mengingatnya lagi …

kopdar di mujani, 19 Juli 2008


Setelah perkenalan itu, seiring dengan ledekan² yang ditujukan khusus buat Awym, datanglah 2 gadis cantik berjilbab, yang satunya saya lupa ( maaf ), yang satunya adalah Hera ( yang waktu itu belum ngerti apa itu blog, taunya cuman FS … xixixixi).


Proses registrasi untuk menjadi anggota penuh dilaksanakan menggunakan notebooknya Awym, dan ketika itu saya juga mendapatkan informasi bahwa komunitas ini akan punya domain sendiri setelah kopdar di Murjani, ntahlah … saya tidak terlalu konsent.


Sempat ngisi pesan dan kesan di secarik kertas oleh masing² peserta kopdar, dan setelahnya saya serta Icha pamit pulang karena jam menunjukkan pukul 21.00 Wita. Sebuah kopdar yang saya anggap biasa dan hanya formalitas memenuhi persyaratan untuk diakui sebagai anggota penuh. Wedehhhhhhh !!!!


Pulang ke Banjarmasin dan berniat upload foto, namun sungguh sangat disayangkan hasilnya tidak memuaskan, saya batalkan niat upload foto² tersebut.


===


Beberapa hari setelah kopdar itu, tiba² akses ke http://kayuhbaimbai.wordpress.com selalu gagal, otomatis saya tidak bisa lagi mengikuti perkembangan berita komunitas.. hiks. Saya sempat berprasangka … tapi sudahlah, tak perlu saya bahas pemikiran pribadi saya itu.


Sekitar bulan September 2008, ketika saya bertemu dengan blogger ini … dengan sedikit pertanyaan yang bernada kecewa ditujukan ke saya, “kenapa postinganmu diblog selalu muncul di kayuhbaimbai???????????”


Saya sungguh kaget dan tidak mengerti apa maksud pertanyaannya, “postingan yang mana??? kayuhbaimbai??? apaan sih?????

Menjawab pertanyaan tadi, sayapun bergegas meluncur ke situs http://kayuhbaimbai.com

ternyata … http://kayuhbaimbai.wordpress.com telah tiada dan berganti ke http://kayuhbaimbai.com , pantesan saya kehilangan jejak.


Mulai saat itulah saya selalu rajin berkunjung ke komunitas, dan penasaran dari rekans tadi saya coba jawab secara iseng. “mungkin karena ulun ikut kopdar di Murjadi, pian kada ikut”.



Lalu saya mencoba menjalin komunikasi lagi dengan mereka ( anggota KB )… mengisi koment pada blog² yang teragregasi.



Setelah lebaran Idul Fitri kemarin, Oktober 2008 … mulailah ada rencana komunitas untuk mengadakan kopdar lagi. Ahaaaaa … kopdar kali ini rencananya akan dilaksanakan di Banjarmasin, asik dunk !!



Sebelum dilaksanakan kopdar ini, ternyata subkom BBM punya agenda kegiatan yakni camping ke Pinus yang gagal saya ikuti akibat minimnya anggota blogger cewek, hiks … sedih kalau inget ini !!!!



Melewati berbagai proses, akhirnya kopdar ke-4 komunitas blogger kayuhbaimbai berlangsung sukses di Little Sahara Kayu Tangi Banjarmasin pada tanggal 09 Nopember 2008. Kopdar ini untuk ke-2 kalinya saya ikutin.. Pada agenda kopdar ini dibicarakan pembentukan subkom untuk area Banjarmasin, mengikuti jejak subkom BBM ( Blogger Banjarbaru Menulis ).

17 anggota kb yg hadir di Sahara, 09 Nop 2008

7 anggota kb yg keren²

ada co diantara 3 cw


Tak banyak yang bisa saya ceritakan untuk kopdar di Sahara ini, karena pernah saya posting juga sebagai report foto² dokumentasi.


Oh iya, sehari sebelum kopdar di Sahara ini … tepatnya Sabtu tanggal 08 Nopember 2008. Untuk pertama kalinya postingan dari salah seorang blogger cewek kayuhbaimbai tampil di SKH Radar Banjar dengan judul Geng Bocah, dimana ini adalah hasil kejasama komunitas Kayuh Baimbai dengan harian Radar Banjar. Pada halaman ini khusus disajikan tulisan/ postingan dari salah satu blogger KB yang dipilih oleh team khusus. Disertakan pula trik dan tips tentang ngeblog, dll yang berhubungan dengan dunia blog. Pokoknya ini juga merupakan sumbangsih komunitas untuk kemajuan dunia blogger Kalsel khususnya.


Secara berturut- turut setiap hari Sabtu, kita akan menemukan tulisan-tulisan dari para blogger yang terpilih, seperti juga pada tulisan tanggal 13 Desember 2008 kemarin, karena tulisan yang berjudul Lelaki itu … maka teman-teman dikantor jadi semangat untuk ngeblog, padahal sudah lumayan lama dunia blog ini dikenalkan .. namun belum bisa membawa mereka berkumpul ke komunitas ini, hiks ..


Radar Banjar, postingan omm YulIni postingan omm Yulian yang memicu semangat teman² untuk ngeblog ..



Menindaklanjuti hasil kopdar di Sahara, khusus bagi blogger kayuhbaimbai yang berdomisili di Banjarmasin, maka tanggal 13 Nopember 2008 Subkom BSS ( Blogger Seribu Sungai ) pun terbentuk. Selamat yaaaa !!!

voting untuk penamaan subkom

ada blogger cw yg hadir malam itu



Bulan Nopember 2008 adalah bulan pertama untuk kegiatan yang teraktive bagi komunitas ini, setelah BSS terbentuk … agenda lain telah menanti adalah Kayuh Baimbai on SKY FM Banjarmasin pada tanggal 30 Nopember 2008. Hemmmm … kemajuan yang sangat pesat menurut saya. Komunitas ini lebih maju dengan terobosannya ON AIR dan mengenalkan dunia blogging kepada para pendengar setia SKY FM atau Sky Holic, pada kesempatan ini puluhan blogger baru terjaring. Keren !!! Tks untuk Sarah , Alvean dan Gusti juga semuanya yang berhadir saat itu.




Tak mau ketinggalan dari subkom sebelumnya, Pak Syam beserta blogger banua 6 kemudian membentuk KBP ( Komunitas Blogger Pahuluan ) pada tanggal 4 Desember 2008, semakin lengkap keberadaan komunitas kayuhbaimbai ini dengan tersebarnya banyak anggota di berbagai kota dalam lingkup provinsi Kalsel.


Lagi² tanggal 06 Desember 2008 komunitas KB di undang untuk interview di STAR FM Banjarbaru, namun ntah karena sesuatu dan lain hal, maka agenda ini dibatalkan dan info menyusul kemudian. Sebagai gantinya maka gath tetap dilaksanakan dengan mengambil tempat di Book Cafe, sayang sekali saya tidak bisa ikut berhadir.


Sabtu, 20 Desember 2008, komunitas kayuhbaimbai diundang untuk berhadir pada peluncuran Cafe Speedy Corner oleh GM Kandatel Kalsel, bertempat di Plasa Telkom Banjarmasin, rencananya ini untuk membahas tentang Road Show, tapi ga memungkinkan … he he he.


launching-cafe-speedy-corner


Dan agenda ke-2 untuk on air di Star FM Banjarbaru pun berhasil terwujud juga pada tanggal 22 Desember 2008, sungguh sangat rame ketika itu … ( ini juga telah saya posting sebagai report foto² dokumentasi ).


star-fm


Tanggal 23 Desember 2008 bertempat di rumah Sarah, BSS rapat untuk membicarakan teknis keberangkat dari Banjarmasin ke Kandangan dalam rangka Road Show, belum ada kata sepakat sih, mungkin akrena saat itu suasana rumah sarah lagi kebanjiran kali yaaa???

sarah1-tile


Acara puncak dari kegiatan komunitas ini dipenghujung tahun dan yang paling memberikan kesan terdalam untuk saya pribadi selama bergabung adalah ketika mengikuti Road Show ke Kandangan dan rekreasi ke Tanuhi, tak bisa saya tuliskan lewat kata² ( report foto²nya juga telah saya upload dipostingan).

roadshow

Start dari Lapangan Murjani Banjarbaru, sempat berhenti di seputaran Matraman karena kehabisan BBM

kandangan

Suasana di pendopo kantor wakil bupati HSS


tanuhi

Indahnya alam Tanuhi


Menutup tahun 2008, saya tidak bisa bergabung dengan subkom BBM ataupun berhadir di Plasa Telkom Banjarmasin, menyambut pergantian tahun. Karena saya lebih suka menikmati malam pergantian tahun dengan tidur dan tidur.

rapat-aruhblogger

rapat aruhblogger dirumah sarah tanggal 04 Januari 2009


Mengawali tahun 2009, pada tanggal 04 Januari 2009 bertempat dirumah Sarah … seluruh anggota komunitas diundang untuk berhadir membicarakan tentang Aruh Blogger, dan segala hal yang mesti dibicarakan segera. Dan tanggal itu juga telah dibentuk Panitia Pelaksana Aruh Blogger 2009 yang akan berlangsung dari tanggal 20 Januari sampai dengan hari puncak tanggal 22 Maret 2009 bertempat di Banjarbaru ( Insya Allah ).


Diatas dari semua kegiatan² komunitas yang telah saya ikuti itu, ada hari yang membuat saya merasakan kesedihan sama seperti kesedihan saya disuatu masa pada tanggal 11 Agustus 2006 yang lalu. Dimana kesedihan itu milik salah seorang deklarator KB, yang tentunya juga menjadi kesedihan untuk seluruh anggota KB, yaitu sedih karena kehilangan ibunda tercinta, beliau telah mendahului kita semua menghadap Allah SWT.


Malam itu … dan bahkan seminggu sebelum malam itu, doa² dipanjatkan demi kesembuhan ibunda Fadil, namun Allah berkehendak lain. Seminggu setelah dirawat di RS Jogja, ibunda Fadil menghembuskan napas terakhir.


Belasan anggota KB ikut menunggu kedatangan jenazah beliau, sampai dengan prosesi pemakaman berakhir tepat jam 00.00, ah .. saya sungguh sangat terharu bisa ikut gabung dalam komunitas ini, bukan hanya kebahagiaan yang dibagi, namun duka pun ditanggung bersama!!!


Akhirnya, selamat ulang tahun untuk Komunitas Blogger Kayuh Baimbai tanggal 20 Januari 2009 mendatang, semoga cita² untuk memasyarakatkan dunia blogging dapat terwujud, semoga Kalsel menjadi lebih maju dengan semakin berkembangnya blog, bermunculannya para blogger² baru. Dan semoga Kayuh Baimbai akan selalu eksis dalam setiap kegiatan² positive. SEMANGAT!!!

kayuhbaimbai.org


Responses

  1. selamat ulang tahun untuk komunitas blogger kayuhbaimbai semoga ke depan makin berperan mencerdaskan masyarakat…

    kirain tadi tuw ada kisah cintanya:mrgreen:

    ***tks .. semoga KB ttp eksis yaaa

    he he he .. kisah cintanya off the record ..

  2. keduanya……😉

    yupz,,, untung waktu itu sempat ikutan kopdar di murjani…ketemu deh ma mba nia + sister🙂

    oia mba,, ralat,, tanggalnya 19 juli 2008… saya inget banget cz tu malam minggu, sehari setelah ultah saya…hihihii..😉

    trus,, kayuhbaimbai nya dot org kan??atau ada juga dot com mba??

    untuk kesenangan dan kesedihan yang ada,, itulah warna warni hidup…

    yupz2…

    semangat yaaa mba,….
    juga buat kayuhbaimbai…
    sukses selalu…!!!

    Hepi bidei yang ke-1..!!
    (hihihi….masih lucu kaya’ bayi dunk berarti??? selucu anggota2nya….heee)

    ****
    tks atas koreksinya ya Her, aku kok ingetnya 22 mulu yaaa

  3. mba, ulun kada umpat pas kopdar di radio sky tuh.. hehehehe… kada dikabari pank..🙂

    pengalaman ulun kopdar pertama tuh paling berkesan daripada yang sudah2…

    ulun diacara itu jadi bulan2an masa.. wahahaha.. paling keren…

    ****
    iya gusti … aku lupa kamu ga ada di sky waktu kopdar itu .. he he he

  4. loh..loh..namaku kok tidak disebutin waktu kopdar di murjani itu….padahal akukan ikut juga….hiks..hiks…walaupun pada saat itu belum punya blog…

    kok kisah dunia lainnya tidak ikut diposting ini atau hanya kisah tersendiri…hihihi…

    ****
    maren lagi inget² Wo, untung masih ada foto²nya .. jd masih bisa diedit .. xixixi
    :p:

  5. Kopdar pertama kita gelap-gelapan di tengah keramaian ya bu…😛

    ***
    iya mansup, xixixixi .. lucu deh :D:

  6. wah ada foto gue juga ya…

    *** ya .. yaaa, ada dunk !!

  7. hmmm….masing2 punya pengalaman pribadi dengan kopdarnya…tapi aku yang sering tak hadir dalam acara kopdar itu sehingga tak banyak yang kutahu siapa aja mereka…..

    tp gpp itukah hal biasa dengan kesibukan masing2…hehehe…

    ***
    iya bang saprie jarang ikutan … biarpun begitu, yang penting tetap eksis posting, semangatzzz!!

  8. Asiknya lah kopdar. Handak umpat tapi terpisah ruang. Ayja sukses lah.

    *** tks ya Rie21 … sukses juga buat kamu

  9. NIA MENANG, banyak fotonya sih

    **** fotonya soulh maksudnya??????

  10. panjang bangetttttttttttttttttttttt…. dah setahun punk lahhhh…. setahun aja dah panjang gmn kalo dah seabad yaaaaaaaaaa???? he he ….😀

    ***
    iya wid … ternyata disingkat² masih juga panjang gtu … heran🙄

  11. wah… udah setahun ya… gak terasa…

    ** iya angga, kayuh baimbai ternyata dah hampir setahun

  12. ada kah lagi yg tepanjang?

    *geleng2 kepaLa … Busssetttttttt*

    ***
    ada .. tapi masih di rak² memory nih, belum tertuang dalam bentuk tulisan ..

  13. reviewnya hampir kumplit
    dan saya masih ingat bagaimana mimik Nia waktu itu… agak² gimanaaaa gituu…😀

    ***
    Pasti malu² ya Pakacil??? untung ga sampai malu²in .. he he

  14. beuh.. full post! ajieb lengkap banarr lah.

    * hanyar kawa ol & blogwalking nah, oh iya, jangan kada ingat ikutan event muri di Banjarbaru ya buw.. *

    hehe promosi dikit😀

    he he he .. belum lengkap cumie, cuman disingkat² biar ga kepanjangan ..

    nah event untuk muri itukah???🙄

  15. Lengkap…! Mantap…!

    MAU DITAMBAH DIKIT LAGI NIH BANG aAP ..

  16. Baru pertama lihat Pakacil pakai celana panjang..

    Betul-betul extra ordinary moment yah. itu tuch..yang di foto pada acara Voting nama komunitas.

    Kenapa Pakacil? apa acara kopdar di bjm dan bjb bersifat formal yah?

    *** XIXIXIIXIXi .. ntah lah Pak Syam, saya jg belum paham dengan keadaan Pakacil yg ini ..

    ada suatu ketika ketika BBM bertandang ke BJM seluruh anggota BBM yg datang cuman pake celana setengah tiang alias nyampe lutut doang .. xixixixi

  17. ada foto mansup dalam lingkaran amor dan tiga wanita , yang mana nang “iya” nya tuh…?

    ****coba tebak omm .. yang mana mansup?????

  18. gile, nulisnya semangat amat dan lengkap beserta bukti fisik !!!
    keren, non !

    ***bukti kalau saya adalah anggota yang baik omm, masih inget apa yg saya lakukan .. hihihi


Leave a Reply

Categories

