Posted by: nia | July 10, 2011

Cabe rawit, penawar gigitan tawon

Bentuk buahnya yang kecil mungil dan berwarna merah segar, kalau dimakan menimbulkan efek pedas yang teramat sangat, itulah barangkali gambaran tentang cabe rawit ini. Bagi kita yang suka sekali dengan sambal, jika tidak ada si pedas ini rasanya tak lengkap saat menyantap makanan.

Ternyata, selain untuk menambah selera makan … cabe rawit yang sudah masak dan berwarna merah segar juga bisa dijadikan obat penawar akibat digigit tawon atau sengatan lebah.

Kalau tidak salah, saya pernah disengat tawon sebanyak 2 kali dalam waktu berbeda, tak bisa dibayangkan gimana rasanya … bahkan terkadang bulu kuduk saya merinding jika ingat kejadian itu. Sayang sekali saya belum tau tentang fungsi cabe rawit ini sebelumnya, jadi ketika itu saya hanya menggunakan madu untuk menggosok bagian yang kena gigit.

Tawon/ lebah/ penyangat  ini adalah penghasil madu, meskipun tubuhnya kecil tapi ketika menggigit bisa mengakibatkan bagian tubuh kita bengkak.  Pernah ada kejadian seseorang meninggal dunia akibat disengat oleh ribuan lebah. Hiks, sungguh mengerikan!

Seorang teman bercerita kepada saya bahwa ada cara untuk mengobati bengkak akibat disengat lebah, yaitu sedapat mungkin langsung mengambil cabe rawit masak dan  menggosokkan cabe rawit tersebut  ke bekas sengatan lebah selama 5 menit,  tak lama maka akan keluar cairan bening dari lobang bekas gigitan tadi. Setelah itu Insya Allah sakit dan bengkaknya hilang.

Ada banyak  dari tumbuhan di sekitar kita yang khasiatnya belum kita ketahui, entah itu daunnya, buahnya, batangnya, akarnya, dan lain sebagainya. Mudah-mudahan kita bisa mengambil manfaatnya, amin.


Responses

  1. Waduh…. kalo kata ayah saya, kalo disengat lebah ato digigit tawon, langsung tangkap lebah atau tawonnya, hancurkan, dan oleskan cairan tubuhnya langsung ke luka. :D

    Itu cara orang jaman dulu. :D

    ===
    iya .. ada juga melakukan itu :)

  2. Berganti dengan rasa panas berjam-jam. hehe

  3. Salah satu obsesi adalah menanam cabe chillies karena mahalnya harga cabe di pinggiran kota ini.Petak itu awalnya berupa ilalang yang harus saya bersihkan dalam waktu 2 minggu lengkap dengan mencangkulnya. Saya beli buku dan baca juga melihat program gardening yang disiarkan di TV BBC tiap jumat malem. hanya jeruk lemo aja yg ngga mau tumbuh yang lainnya udah mulai tumbuh cilik2.

    ===
    Sip .. semoga tar bisa panen yaaa :)

  4. Low dsengatnya dah lama gmn tuh?

    ===
    wah .. ini berlakunya setelah kena sengat, ga pakai lama ,, he he .. :)

  5. waaduuuh saya kemarin baru ϑ¡ gigit ni bahkan yampk sekarang blm kempes ni bengkak ya…..
    pingin coba cara ini tap pa mungkin ya.masalh y yg di gigit lebah pas atas bulu mata saya….pa gk peedes ni mata tar klo aye kash cabe….!!!!!!

  6. aduh2x,,sya bru jer kena ggit pnyengat pnya lh skit. . .hmpr2x saja sya nangis..xthan rsa kskitan..agak’y ubat apa yg prlu d gna kan spya x b’tmbh mmbengkak . . . . Hhu

  7. sya kmarin disengat ama tawon
    smp karang blom kempes bengkaknya
    hbis disengat bkannya cari bunga malah update stus dlu

  8. telor kodok


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: